Rabu, 13 Januari 2016

PERAN INDUK BETINA DALAM BREDING





Peran Betina dalam Breding seberapa besar ??? Betina seperti apa yang dibilang kelas ISTIMEWA :
Bahwa pada dasarnya betina memiliki peran yang sangat penting dalam breding namun sama halnya juga jantan, sehingga antara jantan – betina memiliki faktor yang sama2 penting karena dalam menurunkan gen ke anakannya dua2nya memiliki peran yang tidak bisa ditebak alias ACAK.
Betina Cetak atau apapun istilahnya yang penting betina ini dapat menurunkan anakannya yang lebih bagus dari kedua indukannya, nah betina ini seperti apa ??? Nah LOH mulai nebak – nebak.
Menurut saya betina yang baik memiliki kriteria yang berbeda 2  dan terbagi dalam 3 jenis :
1.    Betina  Jenis I (pertama) :   Betina ini biasanya dibilang betina nyetak bila dijodohkan dengan Jantan yang bagus, juara dan jelas kualitasnya ia akan mengeluarkan anakan yang bagus. ( trah jelas dan sering juara), betina ini memiliki kelemahan begitu dia di jodohkan dengan jantan yang kurang bagus atau upcare, betina ini tidak bisa mengeluarkan anakan yang bagus, kelebihan betina ini selain mengeluarkan anak2an yg bagus betina ini juga sedikit mengeluarkan anakan yg tdk bagus.
Ciri2 yang lazim: Biasanya badanya agak kecil, ringkes dan enak dipegang namun tdk terlalu menyolok ciri2 fisiknya. Contoh : Mama chelsie
2.    Betina Jenis II (kedua) :  Betina ini biasanya dibilang ga bisa mengeluarkan anakan bagus, padahal pegangannya bagus dan ciri2 fisiknya bagus bahkan seperti jantan, namun betina ini memiliki keistimewaan yakni Betina banyak mengeluarkan anakan bagus begitu dijodohkan dengan burung yg trahnya kualitas bagus, seperti kakaknya juara lalu burung ini tidak bagus dan diupcare. Betina spt yg saya sebutkan diatas akan cocok bila dijodohkan dengan jantan seperti ini.
3.    Betina jenis III ( ketiga) : Betina ini biasa saya sebut kelas ISTIMEWA, karena mau djodohkan dgn jantan baik atau upcare sepanjang trahnya bagus akan mampu menurunkan anakan yang bagus, biasanya betina seperti ini sangat jarang, namun bila kita bisa mengenalinya maka akan menjadi ladang emas dikandang kita.... Selamat Mencari...

by "Janoko Mozart BF"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar