Sabtu, 06 April 2013

Mengenal Janoko Mozart Team Semarang




       Hobbies dan kegemaran kami bermain merpati sejak kecil sehingga mendorong kecintaan kami terhadap dunia merpati, yang tadinya hanya bermain merpati tinggi rumahan dijakarta mulai tahun 80-an sampai dengan 90-an kemudian berhenti dan mulai lagi bermain merpati tinggian tahun 2002-an, kemudian beralih ke merpati balap sejak tahun 2004 hingga saat ini. 
      Dalam permaian merpati tinggi dan balap keduanya memiliki faktor yang sama sulitnya, ketelatenan, kejelian dan ketelitian (insting dan logika) harus sama - sama berjalan serta berbeda - beda namun memiliki kesamaan yakni sama - sama ingin memiliki merpati yang berkualitas, juara dan diakui oleh teman sepermainan (kelompok), sehingga sering kita jumpai banyak kedua jenis permaian ini saling bertukar informasi untuk sama - sama memperoleh merpati unggulan baik cara breding, latihan, asupan vitamin dan perawatan. Demikian juga halnya kami Janoko Mozart Team ( yang dulunya Deltig Mozart) selalu belajar, bertanya baik dengan sharing, membaca dan menggali kemampuan teman - teman yang lebih berpengalaman ( kuncinya jangan malu bertanya dan jangan merasa pandai serta hargai pendapat orang lain) karena dalam hal bermain merpati berbeda - beda cara yang ditemui hal ini pun tidak lepas karena sifat merpati merupakan jenis unggas yang sensitif sehingga cara penangannya pun berbeda - beda bila kita sudah menyadari.janokomozartbf




          Team kami Janoko Mozart Team saat ini berdomisili di daerah Kabluk Semarang telp 087876995975 ( Rosyid ), kami kami dulu bernama Deltig Mozart Team semasa kami bermain tinggal di Bali dan Jakarta. Asal nama Deltig Mozart yang terdahulu kami ambil dari lokasi tempat tinggal kami di Jakarta Delima Tiga Klender ( DELTIG), sedangkan nama Mozart sendiri kami ambil tentunya dari nama burung kami memelihara burung balap yang menurut kami patut dibanggakan, karena merpati tersebut kami beli hanya 600 ribu di pasar jatinegara tahun 2005 ( awal kami main merpati balap dahulunya sejak kecil tahun 80-an main merpati tinggi) dengan ring Prima Tama 04, namun merpati tersebut mampu bersaing dengan burung - burung harga puluhan juta, sewaktu tahun 2005 kami mengadakan lomba besar Bali - Jawa timur, pendaftar sekitar 200 peserta dan kami hanya menurunkan 1 ekor merpati saja tanpa daftar ulang ternyata mampu juara Sabtu (PB) dan Minggu Juara LU.
        Selanjutnya pada Lomba SI di Probolinggo Jatim ternyata burung kami mampu mengalahkan Indosiar I (habis juara LU di Surabaya dijual harga 200 jt) padahal Mozart sudah mutar 2 kali namun dapat dikejar dan ninggal, kemudian ketemu tongkat Bandung juga mampu ninggal walaupun tidak sempat juara karena burung sudah nemplok di penonton sejak lama namun joki tidak lihat... Ini yang menjadi alasan kami menggunakan nama merpati legenda kami yang saat ini sudah hilang pada saat akan diternak karena terbang mengejar betinanya. Adapun nama Janoko tentunya kami tidak serta merta mengambil nama tersebut begitu saja, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami diantaranya :
1. Indukan yang kami gunakan saat ini mayoritas dari Ring Janoko karena kami memang berteman dan bersahabat dengan (Alm) bpk. Ayin (Sugianto) Jember semasa beliau masih hidup, sejak tahun 2008.
2. Kami banyak mendapat titipan merpati dari beliau (alm) Ayin jember semasa hidup baik dari Trah Janoko, Micky, Excellent, lelet dll.
3. Tentunya kami juga tidak akan melupakan jasa beliau yang banyak menuntun kami dalam mengenal merpati balap, tentunya  hal ini juga tidak lepas dari dukungan rekan - rekan kami dari Jember an. Patrik Haryanto (keponakan Ayin), Tapa (joki janoko team pada saat itu) dan lain - lainnya.
      Namun materi sprinter - sprinter kami pun saat ini masih ada dari trah lain seperti Megan jaya ( F1 Monster), Karya 121 (F1 Detonator), Reformasi ( F1 Reformasi STH Setyono ), F1 Puma ( adik Kris Juara Aniversari 2012), F1 Hipnotis (muksin jakarta), Predator - Siliwangi, Trah Leonard,  F1 Masa Kini (Herman T) dll, Basicblood kami memang dari trah Janoko seperti :    jauh koleksi Trah Janoko team Jember milik (alm) Ayin, beberapa indukan yang menjadi pamungkas kandang disana waktu itu seperti Excellent, Lelet, Micky, Angel, Balik nama dan betina Masa kini (trah mercy). 
mungkin untuk sementara trah - trah ini yang dapat kami miliki dan tentunya kami pun akan mencoba bersaing dengan pemain - pemain yang lebih berpengalamam. sekian dan terima kasih.. janokomozartbf 

1 komentar:

  1. No tlf nya gk bisa dihubungi y bos tolong dong di bisikin tlf nya di vhanrystelfa@gmail.com suwun bos dri vhanry juwana

    BalasHapus