Sabtu, 06 April 2013

Mengenal Jawara Merpati Balap di Indonesia



1.      Khayana, anak Jantan Pelor dari Pak Bandik Madura, ibu misterius, karakter dari Khayana adalah : harus terbang sendiri, kalau burung lawan berhasil gandeng, Khayana banyak kalahnya, kalau pelepas berhasil melempar mentang, Khayana akan terbang sendiri, sprint dari start sampai ke betina dengan kecepatan di atas rata-rata burung merpati balap manapun yang ada (luar biasa istimewa), cuma masuknya dari 20 m udah melayang seperti kapal, pada masa itu (1992-1994) juga pernah merajalela misalnya Putra Utama, Tampo Miring, Micky, Trisula, Dacokan, Cempaka.
2.      Mama Chelsie, hasil ternakan dari Ayin Janoko Jember, bpknya burung dari probolinggo masih trahMercy Nyo Situbondo warna coklat gambir, ibunya anak Rekong (trah mercy Nyo) masih kepunyaanAyin Janoko Jember, mama Chelsie ini masih saudara MickyRambi Putra, Baret merah burung legendaris tahun 1990-an, dari mama chelsie ini keseluruhan anaknya pernah menjadi burung hebat dan juara, dan burung-burung yang malang melintang di arena balapan merpati saat ini. Karakter mama chelsie adalah terbang sprint yang cepat dan tembakan yang dahsyat. Maka kombinasi Khayana dan mama chelsie sampai saat ini belum mampu disaingi kombinasi darah manapun. Mama Chelsiewarnanya coklat merah, kecil, kakinya tumbuh bulu, dulu pernah diberi nama lolipop.
3.      Putra Tasik, bapaknya burung tinggian sarlung namanya Singa, dijodohkan dengan betina namanya"ADOK", adok ini adalah saudara "MAYOR", mayor sendiri pernah menjadi legenda 1995-1996, jugaanak Khayana.
4.      Rencong burung legendaris 1998, bapaknya ternakan Ko Apin, anak dari Isabela (ternakan Acun Mitra), bapaknya belum sempat dilatih, karena belum ada nama, dipanggilnya Isabela juga, ibunya adalah anak"DRAGON", dragon sendiri adalah anak Khayana.
5.      Predator dari DR-8, bapaknya adalah anak dari anak Bintang Agung (Acun Mitra) dengan betina Mama Chelsie, Predator pernah menjadi Ikon merpati balap Top tahun 2000, Anak predator yang sedang top sekarang Jamaica (Roy Akas).
6.      Sang-sang, burung legendaris 1998-2000, ternakan Pak Hasan Yoma, Cirebon, dulu Khayana ada di kandang pak Hasan dijodohkan dg mama chelsie, keluar : Garis, Chelsie, Iguana, Meong (Bpk. Reformasi STH surabaya), Sang-sang, Putaw, Atlantic, Primadona, Buntung. Sang-sang adalah burung tercepat yang pernah saya temui di arena balap merpati di Indonesia setelah khayana, pada saat sangsang fit atau kerja, burung-burung yang pernah ketemu sangsang rata-rata ditinggal di atas 300 m. Di antara keturunan Khayana yang terbangnya mirip Khayana hanya SANGSANG, muka sangsang mirip Mama Chelsie. Anak dan cucu sangsang banyak yang menjadi juara 1 dan 2 lomba utama nasional, sebut saja Gumilang, Viking, Ababil, Berlian, Colombia atau Kelabang Hitam, Road Star, Singa Muda, Guntu
1
 
r,  Gesper (Roy Akas) dll.
7.      
 
Leonard, merpati terbaik 2002-2005, ternakan Ko Apin V&R, anak dari adik Beatle (beatle pernah juara Nasional ternakan Acun Mitra) dengan betinaCHO kakak Putaw, betina ini adalah ibu dari Reanaged atau RG, KONON waktu diborong Ko Apin dari kandang DR-8, pasangan adik Beatle ini sedang giring, tapi ibunya tidak lama kemudian mati meninggalkan telor Leonard, kemudian adik Beatle dijodohkan dg darah Flinstone (Acu) dst.
8.      Codet, anak Roda Gila dengan betina darah Sultan (burung legendaris darah Mercynya Wahing-Malang), ternakan Acun Mitra, menurunkan burung dengan karakter sprint dan tembak yang luar biasa.
9.      Dinasti (CHO-729), anak Khayana, saat ini keturunannya sedang In atau ngetrend di arena balap nasional, dari jalur ini mengeluarkan Poker, Bapak Enduro, Singalaga, Singo Edan dll.
10.    Dakocan, menurunkan anakan luar biasa, antara lain Puma Bebeng, Cakram, Zamorano, Kuda Binal, Batavia semua ternakan Ko Hok Siang (Hasan Yoma), dari darah ini masih rajin menurunkan anakan yang berprestasi sebut saja, Tojaya, Komentator, Getek, Robin Hood, PSK 66, Sincan, Tiger Wood, Pregio, Enduro dll.
11.    Olympus, anak mama chelsie, juga banyak menurunkan burung merpati papan atas, sebut sajaSiliwangi, Bungsu, Ring ALOEN.
12.    Prothon, anak Hamer Aloen, dijodohkan belahan Bungsu, keluar Roger (Juara Nasional), Sangkur, Raja Sakti dsb, jalur ini laris manis di kandang Aloen.
13.    Kancil, Eterna dan Bazooka burung legendaris tahun 1995-1996, ternakan CHO merupakan anak dariCempaka.
14.    Kelana 1 (dulu namanya 45) dan Kelana 2 milik Pak Suyitno Obras, pernah berjaya pada tahun 1996-1997, kedua burung ini memiliki kelebihan di nge-L turun drastis pada tengah lapang, dari jalur ini anak cucunya banyak yang berprestasi, sebut saja Kelana Sakti, Mata Sakti, Putra Kelana dst, dari betina anak Kelana II jodoh Batavia, keluar PSK 66, Sincan dsb.
15. Dari Jawa Timur, pernah muncul Gelang Mas, Bintang Timur dan Reagen yang mengeluarkan Prima I dan Prima II, milik Pak Matius Kosasih.
16.    Burung sarlung pasir, di Magelang, pernah ada burung legenda yang bernama Kojek dan Romeo, kedua burung ini juga sangat istimewajanokomozartbf@gmail.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar